TERAPI CADEL

TERAPI CADEL

“Sekawwang tawwik nafaaas dan wwileks-kan tubuh anda…..”

hahaha suara tersebut kok terdengar aneh yaaa?, “hmmmmm… benar dugaan saya, seorang teman saya sedang menginduksi klien yang mau dihipnoterapi, tapi….ko kondisi klien “terlihat” tidak nyaman bahkan sekonyong-konyong klien tersebut buka mata dan bilang bahwa “mas…, saya ga bisa dihipnotis kayanya ya? ko aku susah banget!” dengan jurus-jurus tertentu dia mengemukakan alasan nya kenapa dan dicoba lagi hingga 5 kali dan kejadiannya berulang terus lagi dan lagi dengan alasan yang “sama”… susah dihipnotis!!!. Setelah saya chunk down ternya…taaaa oalaaa klien merasa tidak nyaman karena teman saya “CADEL”…!! yup cadel dengan kategori sulit menyebutkan huRRuf “R”dengan jelas, saya penasaran wooow kok bisa ya? emang ngaruh gitu karena cadel orang sulit masuk kondisi trance? usut punya usut ternyata klien tersebut menganggap “lucu” sampai nahan ketawa dan hal itu mengganggu fokus terhadap induksinya.

Wokeh bray en braywati…(gaya bahasa gaul sekarang pengganti bro dan sist hehe), LUPAKAN cerita tersebut sejenak karena saya bukan mau menceritakan tentang gagal dalam proses hypnosis, disini saya lagi bahas “orang cadel” kategori huruf “R” kok pake kategori segala emang ada ya…?
Menurut beberapa sumber yang saya kutip bahwa Cadel itu sendiri adalah ketidakmampuan mengucapkan satu huruf unik, umumnya huruf R, meski ada juga sebagian orang yang justru bisa menyebut huruf R, namun cadel untuk huruf lainnya. Orang Jepang misalnya, kebanyakan cadel pada huruf L. Ada beragam variasi cadel pada anak. Ada yang menyebut “R” jadi “L”, “K” jadi “T”, ‘K” jadi “D”, atau “S” dengan “T”, sering terbalik-balik. Tetapi tiap orang (biasanya dimulai dari anak-anak) variasinya berbeda-beda. Jadi yang dimaksud cadel adalah KESALAHAN PADA PENGUCAPAN.

Memang semestinya pada rentang usia pra-sekolah, anak sudah bisa mengucapkan seluruh konsonan dengan baik. Sebab menginjak usia 3-4 tahun, otot-otot lidahnya mulai matang. Hanya saja, perkembangan setiap anak berbeda. Jadi wajar meski usianya sama tapi masih ada anak yang cadel. Sayangnya, cukup sulit mendeteksi, apakah kecadelan di usia 3-5 tahun akan berlanjut terus atau tidak karena menyangkut sistem saraf otak yang mengatur fungsi bahasa, yakni area broca yang mengatur koordinasi alat-alat vokal dan area wernicke untuk pemahaman terhadap kata-kata, kesulitan mendeteksi juga disebabkan pada rentang usia 3-5 tahun kemampuan anak masih berkembang. Artinya dia sedang dalam proses belajar berbicara. Ia tengah berada pada fase mulai menyesuaikan, mulai menambah perbendaharaan kata, meningkatkan pemahaman mengenai bahasa dan perkembangan makna kata. Termasuk juga penguasaan konsonan tertentu karena kurang matangnya koordinasi bibir dan lidah dan keluarlah kata cadel entah saya ga ngerti kata itu datangnya darimana (sunda ato jawa kali ya..?hehehe).

Menurut Analisa dan penelitian saya yang ditemukan dilapangan Cadel ada 3 jenis :
1. Cadel lidah pendek ; penyebutan “R” nya ada tapi kurang jelas.
2. Cadel tenggorokan : penyebutan “R” dengan tenggorokan.
3. Cadel bibir : penyebutan “R” dengan bibir.
(kalo salah mohon di introspeksi ya…)
NB PENTING : Pengkategorian ini adalah menurut asumsi dan analisa saya semata, Cadel yang saya temukan adalah bukan karena kerusakan sistem syaraf bawaan atau penyakit seperti cadel karena stroke dll, Karena dari intake interview yang saya lakukan klien ingat dulu nya itu NORMAL dan ga ada kasus cadel ARTINYA BISA JADI yang menentukan klien cadel adalah FAKTOR LINGKUNGAN.
Dari tiga kategori cadel diatas yang paling sulit saya tangani yaitu kategori nomor 3 walopun “kesembuhannya” 70%, tapi paling tidak mereka sudah menikmati RRRRenyahnya hurrruf RRR hehe.

        (22 JUNI 2018 = CATATAN TAMBAHAN :

  1. SUDAH 10 TAHUN SAYA MENYEBUTKAN 3 KATEGORI CADEL, SILAHKAN ANDA GOOGLING, SEMUA KATEGORI YANG BEREDAR DI INTERNET YANG MEMFORMULASI DAN MENYUSUN KATEGORI PERTAMA KALI TENTANG KATEGORI : “LIDAH PENDEK, TENGGOROKAN DAN BIBIR” YA SAYA SENDIRI , HAL INI BERDASARKAN HASIL PENELITIAN INDEPENDENT SAYA SELAMA BERTAHUN-TAHUN, JIKA ANDA MENEMUKAN KATEGORI CADEL VERSI SAYA DIMANAPUN DI INTERNET BERARTI PASTI JIPLAK DARI PENELITIAN SAYA, DAN SAYA SUDAH MENDAFTARKAN KE HAKI (HAK CIPTA KEKAYAAN INTELEKTUAL) SAYA TIDAK BERTANGGUNG JAWAB JIKA ADA YANG MENGATASNAMAKAN PRIBADI SAYA DENGAN ALASAN APAPUN TANPA KONFIRMASI RESMI.
  2. FORMULASI SEKARANG PUN SAYA SUDAH MENYERTAKAN VIDEO DENGAN HAK CIPTA, JADI JIKA BEREDAR VIDEO TERAPI DARI SAYA, MENGKOPI DAN MENYEBARLUASKAN TANPA SEIZIN SAYA, SUDAH TENTU NANTI ADA TINDAKAN HUKUM DARI SAYA DAN LEGAL KAMI)

Naaaaahhh…….lantas kenapa saya posting artikel disini tentang cadel, yang notabene ga ada hubungannya sama sekali dengan Hypnosis kok!! nah lohh..sok tau banget ya nih si gua hehehe, yang jelas menurut saya sih sangat berhubungan sekali kaitannya dengan hypnotist dan hypnotherapist (sok diplomatis nih :p) … wong “nyekill” dengan modal cuma bibir dengan kata yang dirangkai harmonis dan sinergis sehingga tercipta “kalimat ajaib yang membius” kliennya hingga trance, yang kira-kira membutuhkan kalimat progrssive yang jelas artikulasi dan intonasinya, tentuuuu… menambah tingkat percaya diri hypnotist dan Hypnotherapist dalam menyusunnya kaan?

Dalam perjalanan menjadi pembelajar mind therapist dengan metode hypnosis, saya menemukan kira-kira 4 kasus cadel, termasuk jika anda masih ingat teman saya yang diatas loh dengan kalimat “wwiiillleeeks” nya, yang retrieved ato ditemukan root cause nya dengan teknik hypnosis, yaitu dengan Hypnoanalysis atau yang dikenal dengan teknik regressi khususnya Affect bridge. Yang lebih menarik, saya justru mengkombinasikan dalam terapi cadel ini dengan teknik Beatbox yang saya miliki. looooh opo meneeh iki..?? gampangnya beatbox adalah teknik meniru suara musik semirip mungkin yang modalnya juga cuma bibir (ya rada mirip accapela) cuma dilakukan cuma satu orang…asyiik khaan?

Kembali ke cerita yaa… Lantas gimana caranya saya bisa membantu mereka yang cadel hingga “MENEMUKAN HURUF YANG HILANG” dan bisa beRRRRRRhasil?
Berikut saya share kan…. gunakan Affect bridge untuk menemukan Initial Sensitizing Event (ISE) meskipun nanti melewati Subsequent Sensitizing Event (SSE) fokuslah ke ISE nya agar kita tahu akar masalah nya karena mungkin itu pertama kali kejadiannya, kenapa ya ko pake Affect…?, karena menurut hemat saya rata-rata orang cadel tingkat Kepercayaan Diri nya kurang, dan cemas berlebihan, nah itu yang diperbesar hingga 10 kali lipat dan kembali ke pertama kali mengawali kejadian nya.

Apa yang terjadi setelah revivication? teman saya yang hypnotherapist diatas ternyata dia kembali ke masa Imprint (-/+ 4 tahun), ibunya marah ke dirinya dengan membentak sambil ngacung-ngacungin tangan dan melotot gara-gara mau ketabrak mobil, kalimat yang keluar dari ibu nya dalam bahasa sunda adalah “Awas aya embin bisik abak!!” dalam bahasa indonesia kira-kira artinya adalah “Awas ada Mobil nanti Ketabrak!!” dan anda sudah bisa menebak bukan?? ya abreaksi yang hebat sekali. Jika terjadi abreaksi gunakan teknik untuk handling abreaction hati-hatilah dengan itu (serius nih!!)————————— nah ketemu deh ISE nya ternyata karena kalimat dan kata yang “samar” itulah proses menerima informasinya tidak utuh sehingga menjadikannya cadel.
Gunakan teknik therapeutic Forgiveness Therapy dan Inform Child Technique (ICT) untuk menyelesaikannya agar problem bisa solving seutuhnya dan lakukan future pacing.

Naaahhh…pemirsa ternyata problem belum selesai seutuhnya meskipun sudah ditemukan ISE nya, karena tidak serta-merta teman saya langsung bisa huruf “R” setelah diterapi tetapi…paling tidak dia sudah release dan relief emosinya.
Inilah jurus terakhir saya untuk Pekerjaan Rumahnya…..ya betul sekali teknik beatbox saya hehehe… caranya mudah banget kok!! saya hanya menyuruh dia membiasakan diri sebelum tidur sambil self hypnosis UNTUK menyimpan lidah nya sambil melatih pattern tertentu yang sudah saya rancang (Silahkan klik >> Pertanyaan Seputar Terapi Cadel), sekurang-kurang nya ada 7 teknik pattern yang perlu dilatih, tentu teknik ini adalah hanya ALAT BANTU yang saya desain untuk melatih dan membangun ulang struktur konsonan huruf didalam dirinya. Ya memang LATIHAN pattern lah menjadikan dia menjadi fasih menyebutkan huruf “R” dengan jelas, hampir di usia 33 tahun loh dia baru menemukan huruf yang hilang..!! berlatih ulang akan membantu proses pembiasaan dengan berprinsip kepada The Law of Repetition

Setelah sebulan berlalu, kami bertemu kembali dan dengan senyum sumringah teman saya berkelakar “Kang, teknik nya luarrrr biaasa, perrrcaya dirri saya memuncak, sekarang saya bisa bilang rrrileks nya dengan rrrenyah dan terrrnyata mantaaap, Program menemukan huruf yang hilang ini, JAMINAN beRRRRRhasil..!!!”. wooow SUBHANALLOH..

Semoga bermanfaat….

        berikut adalah video penjelasan Cadel dan terapi nya, subscribe di youtube ya 🙂

===> http://bit.ly/TerapiCadel <====

SILAHKAN KLIK >>> Pertanyaan Seputar Terapi Cadel

        SILAHKAN KLIK >>> Video Testimoni Cadel

Disclaimer : Teknik yang saya rancang tidak menjamin keSEMBUHan, tapi paling tidak sudah ada upaya untuk SEMBUH, meskipun tidak langsung SEMBUH 100%..

Artikel ini ditulis Oleh

Dicky Zen

Life Learner & Awareness COACH

Dicky Zen dikenal di social Media sebagai Juru Parkir “HATI” – Filosofi seni “parkir” pikiran dan Perasaan

Follow Me on Twitter : @Dicky_Zen

129 Comments

  1. saya tidak bisa menyebut huruf R, jadi jika org lain mendengar saya menyebut huruf R mereka seakan mendengar saya menyebut hruf Y, bisa saya minta tips detailnya,
    thx….

    1. mas, saya tidak bisa bicara “R” dengan cepat misalnya kata “Tuner,Charger,” tapi jika bicara pelan” bisa.. bagaimana cara mengatasinya ya mas?mohon bantuannya dong mas

  2. Assalamu’alaikum wr wb.
    Pak saya minta dikirim teknik pattern nya dong,terimakasih byak sebelumnya
    wassalamu’alaikum wr wb

  3. Halo sahabat
    Terimakasih udah mampir yaa
    untuk pattern penglaman saya 80% tanpa tatap muka gagal, karena selain diterapi anda juga harus benar pengalamannya, nanti saya sharekan yang sudah sembuh 95%..!! bahkan dalam 2 hari udah bisa menemukan kembali huRRuf yang hilang dan sekarang malah ngobrolnya lancaRRR dan RRRenyah 😀
    So jika anda ingin serius menemukan huruf R kembali niatkan yang serius untuk ketemu saya ya…semoga Allah mengijinkan
    salam
    Dicky Zen

      1. mas tolong kirim’n akuuu plaseee kalo aku bisa ucap’n huruf R dngn jelass aq akn brjnji untuk slalu brbakti untuk bangsa ini

    1. Saya juga mau minta dikirim teknik pattern nya dong,
      biar bisa ngomong Rrrr kyak orang2.
      terimakasih byak sebelumnya

  4. Assalamualaikum wrb.
    Mas. saya tidak dapat Menyebut R, Mungkin Mas Bisa menjadi Penuntun saya dan yang lainya supaya kami (teman di atas) dapat Menyebut Huruf R dengan teknik yang mas Punya.
    Terima Kasih.
    Wassalamualaikum wrb.

  5. Usia sya 28 tahun n blum bisa sebut huru “R”, sy mhon dibagi triknya, n klo sy harus konsul atw teraphy langsung gmn caranya?

  6. kang…
    ajarin saaya nyebut huruf R dengan jelas.
    trapinya gmn?
    teraphinya gmn?

    saya punya cita2 mau mengabdi kpd masyarakat tertindas…. saya ingin bergerak untuk masyarakat..

    tolong bantu saya kang……!!
    makasih

  7. Aslm. Mas, insyaAllah saya mau ketemu untuk konsultasi bulan depan.
    Bisa mohon diemailkan cara apa saja yang harus saya lakukan sebelum bertatap muka? Dan biaya konsultasi.
    Terimakasih. Mohon bantuannya

  8. Assalamu’alaikum Wr. Wb. Mas skrg umur sy hampir 40 th, tapi ada masalah di lidah saya ; kadang bisa menyebut kalimat berhuRRRuf R tapi juga sering CADEL. dan sekarang sdh sgat sulit untuk berkata kalimat yang ada R-nya. untuk mengucapkan “Shirrotoladziina…, ghairil maghdu…warrohmatullohi,…dsb sgt sulit Mas. Tolong mas agar konsonan R saya bisa JELAS kembali bgm ya? sblmnya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  9. kang dicky..

    akang punya rekomendasi tempat terapi ini gak di daerah tangerang atau jakarta yang menggunakan metode yang sama dengan akang. karena tidak memungkinkan bagi saya untuk tatap muka sama akang di bandung.

    makasih kang..

    1. .Kang bantu saya menyebut huruf “R”.

      Akang rumahnya dimana ? Nama fb akang apa biar saya add.

      Please Kang bantu saya, saya suka tidak PeDe kalo lagi bicara sama cewe. Terutama sama pcr saya

      ini no hp saya kang 08998477020

  10. mas tolong di kirim’n emailnya tentang teknik pengucapan huruf Rx doang,..
    karena aku uga dahh gag tahan dengan cadel aku nichh ,…

  11. GIMANA AKANG INI PELIT ORANG PADA MINTA INFO SUPAYA CADELNYA HILANG…..NGASIH INFO LANGSUNG JELASLAH KANG
    GK USAH EMAIL2 SEGALA KALO NIAT

  12. Lokasi nya dimana ini mas ?
    lokasi saya di padang, umur saya 17 tahun dan susah menyebut huruf R,
    saya rasa saya mempunyai kasus cadel nomor 2 , “cadel tenggorokan” berapa % kah kemungkinan saya sembuh ? saya sudah mencoba berbagai macam cara tetapi masih belum bisa, mohon bantuannya
    dan bisakah follback akun saya @arpheoulus supaya bisa Direct Message , karna saya yakin pattern nya gak akan berguna kalo gak ada sugesti langsung dari mas, terima kasih sebelumnya 🙂

  13. anak saya sdh 10 th, bilang Rnya di tenggorokan, padahal sering jadi imam sholat di tempat ngajinya, jadinya huruf ghin semua….bismillahighohmaanighohim….jadi beruba artinya…tolong dong mas…gmana tehniknya ngucapin R ?????

  14. Anak saya 6tahun, laki2, masih cadel, blm bisa bilang R, masih dilafalkan dengan L atau terdengar tanpa R, gimana caranya biar dia tidak cadel lagi, karena hampir teman2 sekolahnya sudah bisa bilang R. Tolong ya Kang..
    Thanks

  15. ssallamu allaikum Wr Wb pak Dicky_Zen yth. Saya seorang ibu usia 43 tahun, saya pingin juga lebih sempurna dalam pengucapan huruf R, dan berminat mengikuti terapi yang bapak temukan. Mohon dikirim via email petunjuk nya.Terima kasih.

  16. Pak Dicky, saya memiliki putri usia 8 tahun yang kesulitan bicara huruf R, kalau dia mengucapkan huruf R terdengar seperti mengucapkan “are” dlm bahasa Inggris. Saya ingin bantuan Utk terapi bicara ini. Dinamakan lokasi bapak yang bisa saya kunjungi bersama putri saya? Terimakasih

  17. Pak saaya mohon dibantu untuk menghilangkan cadel r, saya sudah berusaha tapi belum bisa2.. mohon bantuan bapak,, terimakasih

  18. alhamdulillah semoga dengan menemukan blog ini cadel saya bisa teratasi
    saya sangat senang dengan adanya blog ini

    .kalau boleh tlong di infokan patternya

    smga allah membalas kebaikan bapak..

    Wassallam…

  19. Tolong kirim pattern nya ya mas ke email saya…saya cadel gara gara sakit step waktu kecil dan lidah saya ukurannya jg pendek…usia saya 26 tahun…seorang janda dan ibu dari dua orang anak…

  20. Cara yg lbh mudah and simple buat getarin lidah ada Gk? Saya Sedikit bisa bilang R,.tp Gk terlalu jelas Dan suka nyembur …mohon tipsnya ya…:-D

  21. Aloha pa guru.. saya Abe yang dulu dari Papua hehehehe MANTAN klien nya kang Dicky masih ingatkan? yang manis dan ganteng itu loh? hehehe

    saya terapi dari kang dicky waktu bulan Oktober 2013 hari pertama udah bertemu sedikit getaran, sedikit saya prustasi, ternyata karena saya kurang ulet sahaja, hari kedua saya lebih prustasi diberikan latihan yang sungguh rumiiiiiit ….

    Tapi luar biasa hari ke 3 saya ditelepon oleh mama saya tidak sengaja R saya keulang berkali berkali dan yang mengingatkan juga adalah mama saya, sungguh luar biasa dari situ saya yakin sembuh, dan ternyata setelah berapa bulan saya sudah memproklamirkan diri sudha SEMBUH dan LANCARRRRR ha ha ha.
    Tapi saya ada pertanyaan pa :
    1. waktu tanggal 15 nopemner saya telepon ke bapak ko saya masih dibilang belum sembuh?????? whyyyy????? padahal semua orang yang tahu saya bahwa saya sudah tidak terdengar lagi cadel dan gagap? apakah itu maksudnya sembuh baru 90 persen?
    2. tapi bagaimanapun jua beribu terimahakasih untuk bapak, sudah membimbing sayha sampai sembuh walopun standar bapak bilang belum, hehe saya acungkan jempol buat bapak. saya haturkan terimakasih ya pa?
    3. oleh2 saya sudah sampaikah? hehe semoga bermanfaat y
    salam dari papua

    1. haii mas abe.. gimana kabarmu?? oleh2 nya udah nyampe mas, tengkyu berat hihihi
      maaf baru saya cek web saya lagi, wah saya sangat senang atas kesembuhan nya
      tetep ada ujiannya ya meski sudah dianggap 90%
      jika dianggap 100% itu menurut saya ya bukan menurut anda 😀
      oh iya no tlp saya masih tetap yang 081320631931

  22. Nuhun kang. Klo cadel huruf ‘L’ bs disembuhkan & terapi jg kah. Saya klo blng huruf L aja lanjar n bisa. Tp klo huruf L didalam kalimat malah ga bisa. Jadi sangau gitu kedengarannya. Alias ga jelas lafal huruh l nya.
    Terima kasih kang

  23. tolong don mas, bantu saya, saya malu tidak bisa bila R,
    saya juga pesimis tidak bisa jad tentara gara2 cadel, mohon bantuannya ya mas, 🙂 ini email saya mas, ryzky12@yahoo.com
    saya tunggu mas 🙂 sebelumnya terima kasih yaa 🙂

    1. silahkan hubungi saya di 081320631931

      cuma maaf ya sekalian pengumuman kepada yang lainnya. terapi cadel ini adalah terapi BERBAYAR, artikel diatas adalah artikel ketika program ini masih uji coba dan GRATIS dan itu tahun 2008 sd 2010 dan itu waktu yang sangat panjang untuk kategori gratis, pertanyaannya kemana aja anda selama ini?? hehehe

      saya harap anda bisa membayangkan juga bagaimana tertekannya anda berpuluh tahun dengan cadel dibanding 3 bulan latihan intensif dari program saya..

      silahkan dicermati dan tanyakan di hati, semoga kita berjodoh saya bisa tetap membantu “penyakit’ unik ini 😀
      salam
      DickyZen

  24. Dear Mas Dicky Zen,

    Berapa harga terapi cadel ini, saya tidak bisa mengucapkan huruf R mohon bantuannya bagiamana bisa menyembuhkannya

    thanks
    Juati

  25. biyayanya berapa mas?
    saya sangat tersiksa sekali dengan cadel huruf R.
    tolong infonya.
    dan saya ingin menanyakan mengenai biyaya Workshop Hypnotherapy di tampat mas, terimakasih sebelumnya.

  26. Saya susah mengucapkan huruf r, gmna ya
    Saya ngomong huruf r terbiasa dr tenggorokan jd’a…

    Gmna ya solusi’a?
    Pa da alamat terapi’a?

  27. Dimana alamat emailx mas Dicky?sy juga minta tolong dikirimkan tekniknya donk soalx Kakak n adek sya butuh.terimakasih

  28. Pak Dicky, apakah bisa dikirimkan teknik pattern untuk latihan menghilangkan cadel R-nya ke alamat email saya?

    Terima kasih atas bantuannya

  29. salam..
    kang Dicky@ mohon kirim patterrnya..
    saya cadel R,dari hasil survey dan analisis akang ,cadel saya tergolong cadel no 2.R yg keluar melalui tenggorokan.
    ingin sekali berobat ke tempat kang Dicky,tapi rumah saya jauh banget dari bandung ( rumahku jawa timur).
    apakah ada teknik yg bisa di kongsi untuk menghilangkan cadel saya ?
    mohon bantuannya yaa kang !

  30. Aku entah kenapa gabisa ngomong R, temen2 juga pada greget sendiri kalau ngajarin aku huruf itu -_-. Gimana caranya biar bisa? Mohon Sarannya..

  31. Ka, saya mau minta tolong gimana caranya cadel saya hilang? Soalnya saya termasuk cadel tenggorokan. Saya sulit untuk mengatakan ‘R’. Tolong kasih info yang detail ya ka?

  32. ALAMATNYAH DIMANA MAS ?
    SAYA INGIN BISA BILANG R
    SAYA SUKA DI KETAWAKAN OLEH TEMAN TEMAN SAYA KLAU BILANG HURUF R

  33. Asllmlkm, Kang dicky…sy ingn mnghlnghkan cadel hurf R. Tolong bntu sya kang dicky. no asty. mohon bntuannya. ini email sya astysay@ gmail.com

  34. Assalamualikum.
    Mas saya mau dikirimin dong teknik paternnya ke alamat email saya.
    Saya juga mau. Nanya ada terapi atau pengobatan untuk menyembuhkan cadel ngga ya?

    Kalo ada tolong kirimin sama alamatnya sekalian yah ke email saya.

    Terima kasih
    Wassamualaikum waroh matullohi wabarokatu

  35. Selamat malam
    Kang saya minta dikirim teknik biar lancar bicara R ya… agar sya lebih PD. Makasih bnyak ya kang.
    Saya tunggu email nya

  36. bismillah, mas bisa minta teknik nya speerti apa ya agar bisa bca huruf R , ini utk anak saya yg usia 8 tahun tapi huruf R nya kurang jelas,..seperti cadel..

    tks

  37. Malem kak. Ini terapinya di mana kak? Saya di Jakarta soalnya. Kalo bisa nanti tanya mama hehe 😀 Mohon di reply ya kak :)) makasih

  38. Mohon bisa di bantu..lafal R saya kurang renyah..saya di kalimantan timur..mohon bisa dikirim paterrn untuk melatih saya agar lafal R bisa bagus..trimakasih

  39. Aslm. Mas, insyaAllah saya mau ketemu untuk konsultasi.Bisa mohon diemailkan cara apa saja yang harus saya lakukan sebelum bertatap muka? Dan biaya konsultasi.Terimakasih. Mohon bantuannya

  40. Saya ingin niat belajar dengan benar.
    Robbisrohli sodri, wa yassirli amri,wah lul uqdatan min lisani, yafqohu qouli”( Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku )”

  41. assalamualaikum pak dicky, apakah msh bisa untuk terapi cadel? brp biayanya pak? mohon info nya ya pak, terimakasih

  42. Saya bisa nyebut…tp koq slalu kecampur sama “L”…kalo saya bilang R yg terdengar itu gabungan antara R sama L

    Bantu donk..
    Email saya:ramadhanianggun017@gmail.com

Leave a Reply

Email Anda Tidak Akan Dipublikasikan Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.