TERAPI CADEL

TERAPI CADEL

“Sekawwang tawwik nafaaas dan wwileks-kan tubuh anda…..”

hahaha suara tersebut kok terdengar aneh yaaa?, “hmmmmm… benar dugaan saya, seorang teman saya sedang menginduksi klien yang mau dihipnoterapi, tapi….ko kondisi klien “terlihat” tidak nyaman bahkan sekonyong-konyong klien tersebut buka mata dan bilang bahwa “mas…, saya ga bisa dihipnotis kayanya ya? ko aku susah banget!” dengan jurus-jurus tertentu dia mengemukakan alasan nya kenapa dan dicoba lagi hingga 5 kali dan kejadiannya berulang terus lagi dan lagi dengan alasan yang “sama”… susah dihipnotis!!!. Setelah saya chunk down ternya…taaaa oalaaa klien merasa tidak nyaman karena teman saya “CADEL”…!! yup cadel dengan kategori sulit menyebutkan huRRuf “R”dengan jelas, saya penasaran wooow kok bisa ya? emang ngaruh gitu karena cadel orang sulit masuk kondisi trance? usut punya usut ternyata klien tersebut menganggap “lucu” sampai nahan ketawa dan hal itu mengganggu fokus terhadap induksinya.

Wokeh bray en braywati…(gaya bahasa gaul sekarang pengganti bro dan sist hehe), LUPAKAN cerita tersebut sejenak karena saya bukan mau menceritakan tentang gagal dalam proses hypnosis, disini saya lagi bahas “orang cadel” kategori huruf “R” kok pake kategori segala emang ada ya…?
Menurut beberapa sumber yang saya kutip bahwa Cadel itu sendiri adalah ketidakmampuan mengucapkan satu huruf unik, umumnya huruf R, meski ada juga sebagian orang yang justru bisa menyebut huruf R, namun cadel untuk huruf lainnya. Orang Jepang misalnya, kebanyakan cadel pada huruf L. Ada beragam variasi cadel pada anak. Ada yang menyebut “R” jadi “L”, “K” jadi “T”, ‘K” jadi “D”, atau “S” dengan “T”, sering terbalik-balik. Tetapi tiap orang (biasanya dimulai dari anak-anak) variasinya berbeda-beda. Jadi yang dimaksud cadel adalah KESALAHAN PADA PENGUCAPAN.

Memang semestinya pada rentang usia pra-sekolah, anak sudah bisa mengucapkan seluruh konsonan dengan baik. Sebab menginjak usia 3-4 tahun, otot-otot lidahnya mulai matang. Hanya saja, perkembangan setiap anak berbeda. Jadi wajar meski usianya sama tapi masih ada anak yang cadel. Sayangnya, cukup sulit mendeteksi, apakah kecadelan di usia 3-5 tahun akan berlanjut terus atau tidak karena menyangkut sistem saraf otak yang mengatur fungsi bahasa, yakni area broca yang mengatur koordinasi alat-alat vokal dan area wernicke untuk pemahaman terhadap kata-kata, kesulitan mendeteksi juga disebabkan pada rentang usia 3-5 tahun kemampuan anak masih berkembang. Artinya dia sedang dalam proses belajar berbicara. Ia tengah berada pada fase mulai menyesuaikan, mulai menambah perbendaharaan kata, meningkatkan pemahaman mengenai bahasa dan perkembangan makna kata. Termasuk juga penguasaan konsonan tertentu karena kurang matangnya koordinasi bibir dan lidah dan keluarlah kata cadel entah saya ga ngerti kata itu datangnya darimana (sunda ato jawa kali ya..?hehehe).

Menurut Analisa dan penelitian saya yang ditemukan dilapangan Cadel ada 3 jenis :
1. Cadel lidah pendek ; penyebutan “R” nya ada tapi kurang jelas.
2. Cadel tenggorokan : penyebutan “R” dengan tenggorokan.
3. Cadel bibir : penyebutan “R” dengan bibir.
(kalo salah mohon di introspeksi ya…)
NB PENTING : Pengkategorian ini adalah menurut asumsi dan analisa saya semata, Cadel yang saya temukan adalah bukan karena kerusakan sistem syaraf bawaan atau penyakit seperti cadel karena stroke dll, Karena dari intake interview yang saya lakukan klien ingat dulu nya itu NORMAL dan ga ada kasus cadel ARTINYA BISA JADI yang menentukan klien cadel adalah FAKTOR LINGKUNGAN.
Dari tiga kategori cadel diatas yang paling sulit saya tangani yaitu kategori nomor 3 walopun “kesembuhannya” 70%, tapi paling tidak mereka sudah menikmati RRRRenyahnya hurrruf RRR hehe.

Naaaaahhh…….lantas kenapa saya posting artikel disini tentang cadel, yang notabene ga ada hubungannya sama sekali dengan Hypnosis kok!! nah lohh..sok tau banget ya nih si gua hehehe, yang jelas menurut saya sih sangat berhubungan sekali kaitannya dengan hypnotist dan hypnotherapist (sok diplomatis nih :p) … wong “nyekill” dengan modal cuma bibir dengan kata yang dirangkai harmonis dan sinergis sehingga tercipta “kalimat ajaib yang membius” kliennya hingga trance, yang kira-kira membutuhkan kalimat progrssive yang jelas artikulasi dan intonasinya, tentuuuu… menambah tingkat percaya diri hypnotist dan Hypnotherapist dalam menyusunnya kaan?

Dalam perjalanan menjadi pembelajar mind therapist dengan metode hypnosis, saya menemukan kira-kira 4 kasus cadel, termasuk jika anda masih ingat teman saya yang diatas loh dengan kalimat “wwiiillleeeks” nya, yang retrieved ato ditemukan root cause nya dengan teknik hypnosis, yaitu dengan Hypnoanalysis atau yang dikenal dengan teknik regressi khususnya Affect bridge. Yang lebih menarik, saya justru mengkombinasikan dalam terapi cadel ini dengan teknik Beatbox yang saya miliki. looooh opo meneeh iki..?? gampangnya beatbox adalah teknik meniru suara musik semirip mungkin yang modalnya juga cuma bibir (ya rada mirip accapela) cuma dilakukan cuma satu orang…asyiik khaan?

Kembali ke cerita yaa… Lantas gimana caranya saya bisa membantu mereka yang cadel hingga “MENEMUKAN HURUF YANG HILANG” dan bisa beRRRRRRhasil?
Berikut saya share kan…. gunakan Affect bridge untuk menemukan Initial Sensitizing Event (ISE) meskipun nanti melewati Subsequent Sensitizing Event (SSE) fokuslah ke ISE nya agar kita tahu akar masalah nya karena mungkin itu pertama kali kejadiannya, kenapa ya ko pake Affect…?, karena menurut hemat saya rata-rata orang cadel tingkat Kepercayaan Diri nya kurang, dan cemas berlebihan, nah itu yang diperbesar hingga 10 kali lipat dan kembali ke pertama kali mengawali kejadian nya.

Apa yang terjadi setelah revivication? teman saya yang hypnotherapist diatas ternyata dia kembali ke masa Imprint (-/+ 4 tahun), ibunya marah ke dirinya dengan membentak sambil ngacung-ngacungin tangan dan melotot gara-gara mau ketabrak mobil, kalimat yang keluar dari ibu nya dalam bahasa sunda adalah “Awas aya embin bisik abak!!” dalam bahasa indonesia kira-kira artinya adalah “Awas ada Mobil nanti Ketabrak!!” dan anda sudah bisa menebak bukan?? ya abreaksi yang hebat sekali. Jika terjadi abreaksi gunakan teknik untuk handling abreaction hati-hatilah dengan itu (serius nih!!)————————— nah ketemu deh ISE nya ternyata karena kalimat dan kata yang “samar” itulah proses menerima informasinya tidak utuh sehingga menjadikannya cadel.
Gunakan teknik therapeutic Forgiveness Therapy dan Inform Child Technique (ICT) untuk menyelesaikannya agar problem bisa solving seutuhnya dan lakukan future pacing.

Naaahhh…pemirsa ternyata problem belum selesai seutuhnya meskipun sudah ditemukan ISE nya, karena tidak serta-merta teman saya langsung bisa huruf “R” setelah diterapi tetapi…paling tidak dia sudah release dan relief emosinya.
Inilah jurus terakhir saya untuk Pekerjaan Rumahnya…..ya betul sekali teknik beatbox saya hehehe… caranya mudah banget kok!! saya hanya menyuruh dia membiasakan diri sebelum tidur sambil self hypnosis UNTUK menyimpan lidah nya sambil melatih pattern tertentu yang sudah saya rancang (Silahkan klik >> Pertanyaan Seputar Terapi Cadel), sekurang-kurang nya ada 7 teknik pattern yang perlu dilatih, tentu teknik ini adalah hanya ALAT BANTU yang saya desain untuk melatih dan membangun ulang struktur konsonan huruf didalam dirinya. Ya memang LATIHAN pattern lah menjadikan dia menjadi fasih menyebutkan huruf “R” dengan jelas, hampir di usia 33 tahun loh dia baru menemukan huruf yang hilang..!! berlatih ulang akan membantu proses pembiasaan dengan berprinsip kepada The Law of Repetition

Setelah sebulan berlalu, kami bertemu kembali dan dengan senyum sumringah teman saya berkelakar “Kang, teknik nya luarrrr biaasa, perrrcaya dirri saya memuncak, sekarang saya bisa bilang rrrileks nya dengan rrrenyah dan terrrnyata mantaaap, Program menemukan huruf yang hilang ini, JAMINAN beRRRRRhasil..!!!”. wooow SUBHANALLOH..

Semoga bermanfaat….

SILAHKAN KLIK >>> Pertanyaan Seputar Terapi Cadel

Disclaimer : Teknik yang saya rancang tidak menjamin keSEMBUHan, tapi paling tidak sudah ada upaya untuk SEMBUH, meskipun tidak langsung SEMBUH 100%..

Artikel ini ditulis Oleh

Dicky Zen

Life Learner & AwarenessΒ COACH

Dicky Zen dikenal di social Media sebagai Juru Parkir “HATI” – Filosofi seni “parkir” pikiran dan Perasaan

Follow Me on Twitter : @Dicky_Zen

125 responses to “TERAPI CADEL”

  1. Fitria Marlena says:

    saya tidak bisa menyebut huruf R, jadi jika org lain mendengar saya menyebut huruf R mereka seakan mendengar saya menyebut hruf Y, bisa saya minta tips detailnya,
    thx….

    • sandi surya gustian says:

      maff sayah gak bisa nyebut R gimna yah

    • AnkaHidayat says:

      mas, saya tidak bisa bicara “R” dengan cepat misalnya kata “Tuner,Charger,” tapi jika bicara pelan” bisa.. bagaimana cara mengatasinya ya mas?mohon bantuannya dong mas

  2. Dhany says:

    Assalamualaikum wr.wb..
    Mas, saya mau tau donk teknik pattern utk hilangin cadel..

  3. slamet says:

    Mas, saya juga minta dikirimi teknik pattern utk hilangin cadel.. Trim

  4. dhira says:

    saya mau donk pattern beatboxnya

  5. Dy.. says:

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Pak saya minta dikirim teknik pattern nya dong,terimakasih byak sebelumnya
    wassalamu’alaikum wr wb

  6. parkirhati says:

    Halo sahabat
    Terimakasih udah mampir yaa
    untuk pattern penglaman saya 80% tanpa tatap muka gagal, karena selain diterapi anda juga harus benar pengalamannya, nanti saya sharekan yang sudah sembuh 95%..!! bahkan dalam 2 hari udah bisa menemukan kembali huRRuf yang hilang dan sekarang malah ngobrolnya lancaRRR dan RRRenyah πŸ˜€
    So jika anda ingin serius menemukan huruf R kembali niatkan yang serius untuk ketemu saya ya…semoga Allah mengijinkan
    salam
    Dicky Zen

  7. aris rosadi says:

    Assalamualaikum wrb.
    Mas. saya tidak dapat Menyebut R, Mungkin Mas Bisa menjadi Penuntun saya dan yang lainya supaya kami (teman di atas) dapat Menyebut Huruf R dengan teknik yang mas Punya.
    Terima Kasih.
    Wassalamualaikum wrb.

  8. Wuri handayani says:

    Mas,saya mau dunk dkirimin pattern’a..kl mw konsul langsung saya msti dateng kmna?terima kasih

  9. teddy wahyana says:

    Usia sya 28 tahun n blum bisa sebut huru “R”, sy mhon dibagi triknya, n klo sy harus konsul atw teraphy langsung gmn caranya?

  10. yazid says:

    kang…
    ajarin saaya nyebut huruf R dengan jelas.
    trapinya gmn?
    teraphinya gmn?

    saya punya cita2 mau mengabdi kpd masyarakat tertindas…. saya ingin bergerak untuk masyarakat..

    tolong bantu saya kang……!!
    makasih

  11. penuliscemen says:

    habis denger dan nonton film Jepang, penasaran sama cadel, search gugel eh ketemu artikel ini. Baru tahu kalau ternyata cadel juga bisa diterapi. sayonalaaaaaaa *nyanyik* πŸ˜€

  12. Andi says:

    Aslm. Mas, insyaAllah saya mau ketemu untuk konsultasi bulan depan.
    Bisa mohon diemailkan cara apa saja yang harus saya lakukan sebelum bertatap muka? Dan biaya konsultasi.
    Terimakasih. Mohon bantuannya

  13. tri mulyadi says:

    pak sy ingin bs mengucapkan huruf R, apa yg musti sy lakukan?

  14. andhy ar dhyaz says:

    Mas or kk’ tolong donk..kirim ke E-mail ku…,,Susah deketin cewe soalx !hehehp

  15. nia says:

    Kalau tatap muka , pakai bayar nggak ??? dan berapa biayanya ?????

  16. syarif says:

    Assalamu’alaikum Wr. Wb. Mas skrg umur sy hampir 40 th, tapi ada masalah di lidah saya ; kadang bisa menyebut kalimat berhuRRRuf R tapi juga sering CADEL. dan sekarang sdh sgat sulit untuk berkata kalimat yang ada R-nya. untuk mengucapkan “Shirrotoladziina…, ghairil maghdu…warrohmatullohi,…dsb sgt sulit Mas. Tolong mas agar konsonan R saya bisa JELAS kembali bgm ya? sblmnya saya ucapkan terima kasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  17. nini says:

    kang dicky..

    akang punya rekomendasi tempat terapi ini gak di daerah tangerang atau jakarta yang menggunakan metode yang sama dengan akang. karena tidak memungkinkan bagi saya untuk tatap muka sama akang di bandung.

    makasih kang..

  18. Cherry says:

    Tolong di email ke saya pak bgm caranya supaya ngga cadel lagi.. heheh makasih ya pak…..

    cherryangel93@yahoo.com

  19. risky says:

    saya malu sering di ejekin karena saya gak bisa nyebut huruf “R”, saya minta tolong di ajar kan tehnik nya ya

  20. djavu says:

    brp lama terapinya pak,dn brp biayanya,apkh ditunggu sampe bisa atau hny teorinya saja..tks..mohon bantuannya..

    • Titan Aldian Nuglaha says:

      .Kang bantu saya menyebut huruf “R”.

      Akang rumahnya dimana ? Nama fb akang apa biar saya add.

      Please Kang bantu saya, saya suka tidak PeDe kalo lagi bicara sama cewe. Terutama sama pcr saya

      ini no hp saya kang 08998477020

  21. rizal says:

    mas tolong di kirim’n emailnya tentang teknik pengucapan huruf Rx doang,..
    karena aku uga dahh gag tahan dengan cadel aku nichh ,…

  22. MULLFOREVER says:

    GIMANA AKANG INI PELIT ORANG PADA MINTA INFO SUPAYA CADELNYA HILANG…..NGASIH INFO LANGSUNG JELASLAH KANG
    GK USAH EMAIL2 SEGALA KALO NIAT

  23. MULLFOREVER says:

    TLONG KASIH TAU CARANYA SUPAYA KITA2 YG CADEL BISA SEMANGAT

  24. felix maya says:

    .. tolong dong di emailkan ke saya patternya .. aku cadel huruf R .. makasih sebelumnya mas ..

  25. oneda says:

    Lokasi nya dimana ini mas ?
    lokasi saya di padang, umur saya 17 tahun dan susah menyebut huruf R,
    saya rasa saya mempunyai kasus cadel nomor 2 , “cadel tenggorokan” berapa % kah kemungkinan saya sembuh ? saya sudah mencoba berbagai macam cara tetapi masih belum bisa, mohon bantuannya
    dan bisakah follback akun saya @arpheoulus supaya bisa Direct Message , karna saya yakin pattern nya gak akan berguna kalo gak ada sugesti langsung dari mas, terima kasih sebelumnya πŸ™‚

  26. Dinda Fitra Putra N says:

    Bisa mohon diemailkan cara apa saja yang harus saya lakukan ?
    Terimakasih. Mohon bantuannya

  27. rumiyati says:

    anak saya sdh 10 th, bilang Rnya di tenggorokan, padahal sering jadi imam sholat di tempat ngajinya, jadinya huruf ghin semua….bismillahighohmaanighohim….jadi beruba artinya…tolong dong mas…gmana tehniknya ngucapin R ?????

  28. ofie says:

    Anak saya 6tahun, laki2, masih cadel, blm bisa bilang R, masih dilafalkan dengan L atau terdengar tanpa R, gimana caranya biar dia tidak cadel lagi, karena hampir teman2 sekolahnya sudah bisa bilang R. Tolong ya Kang..
    Thanks

  29. bowo says:

    kirim sy juga pak..

  30. monic says:

    Asalammualaikum..mas saya gk bgitu jelas mnyebut huruf R .saya mau terapi…dmn tempaty

  31. Mas, aku mau dikirimin patternnya ya.
    #Terimakasih

  32. Haris says:

    Saya jga mau diterapi dong mas… hampir putus asa Saya ngatasinnya… πŸ™

  33. PITNA AKBAR says:

    assalamualaikum wr.wb..
    kang, boleh saya minta metode terapi cadel R nya
    terima kasih
    wasalamualaikum wr.wb

  34. Gibran says:

    Bro kirimin gw juga dong. Kirimin ke Akuya81@ymail.com

  35. Maruly Boy'z says:

    Mas kirim gue juga donk , gue cadel juga
    tolong supaya gk cadel lagi πŸ™‚

  36. hatta adam says:

    kang dicky bisakah dikirimkan 7 pattern ke email saya muhammad.hatta.adam@gmail.com untuk terapi saya pribadi, klo ada waktu luang sy ingin ke bandung bertemu akng dicky, trims ya

  37. monic says:

    mas tolong bntu saya agr bisa menyebut huruf “R”…dan bgaimna cara therapinya

    thx

  38. Atik says:

    ssallamu allaikum Wr Wb pak Dicky_Zen yth. Saya seorang ibu usia 43 tahun, saya pingin juga lebih sempurna dalam pengucapan huruf R, dan berminat mengikuti terapi yang bapak temukan. Mohon dikirim via email petunjuk nya.Terima kasih.

  39. Desy says:

    Pak Dicky, saya memiliki putri usia 8 tahun yang kesulitan bicara huruf R, kalau dia mengucapkan huruf R terdengar seperti mengucapkan “are” dlm bahasa Inggris. Saya ingin bantuan Utk terapi bicara ini. Dinamakan lokasi bapak yang bisa saya kunjungi bersama putri saya? Terimakasih

  40. parkirhati says:

    Untuk anda yang memiliki kepentingan terapi, anda boleh hubungi saya di 081320631931 trims πŸ™‚
    DickyZen

  41. putra says:

    Pak saaya mohon dibantu untuk menghilangkan cadel r, saya sudah berusaha tapi belum bisa2.. mohon bantuan bapak,, terimakasih

  42. zailani says:

    saya ingin lancar bilang hurup R, tolong dong gimana caranya? Berapa biayanya? Alamatnya di mana?

  43. Siti Mariam says:

    Assalamu’alaikum

    Mohon Infonya donk saya pengen ikut terapinya, kalo untuk tempatnya dimana ya???

  44. ryank suryandi says:

    alhamdulillah semoga dengan menemukan blog ini cadel saya bisa teratasi
    saya sangat senang dengan adanya blog ini

    .kalau boleh tlong di infokan patternya

    smga allah membalas kebaikan bapak..

    Wassallam…

  45. Rean says:

    Tolong bantu saya juga dong… Saya juga ingin menghilangkan cadel saya

  46. ilmiatun says:

    Tolong kirim pattern nya ya mas ke email saya…saya cadel gara gara sakit step waktu kecil dan lidah saya ukurannya jg pendek…usia saya 26 tahun…seorang janda dan ibu dari dua orang anak…

  47. hanyatuhanyangtau says:

    Cara yg lbh mudah and simple buat getarin lidah ada Gk? Saya Sedikit bisa bilang R,.tp Gk terlalu jelas Dan suka nyembur …mohon tipsnya ya…:-D

  48. madan says:

    Gan ni saya mau tau cara bilang R ni twitter saya @Mhd_Madan karna saya selalu di ejek teman

  49. Kiki says:

    Aa email in saya ia, sklian almt aa terapi nya dmna, dan juga harga utk terapi dll nya.

  50. abuayyas says:

    assalamu’alaykum

    mas tolong kirim patterrnya ya ,
    biar bisa lancarrr baca quran..

    jazakalloh khayirrr

  51. riskandar says:

    Minta alamat mas.

  52. Abe says:

    Aloha pa guru.. saya Abe yang dulu dari Papua hehehehe MANTAN klien nya kang Dicky masih ingatkan? yang manis dan ganteng itu loh? hehehe

    saya terapi dari kang dicky waktu bulan Oktober 2013 hari pertama udah bertemu sedikit getaran, sedikit saya prustasi, ternyata karena saya kurang ulet sahaja, hari kedua saya lebih prustasi diberikan latihan yang sungguh rumiiiiiit ….

    Tapi luar biasa hari ke 3 saya ditelepon oleh mama saya tidak sengaja R saya keulang berkali berkali dan yang mengingatkan juga adalah mama saya, sungguh luar biasa dari situ saya yakin sembuh, dan ternyata setelah berapa bulan saya sudah memproklamirkan diri sudha SEMBUH dan LANCARRRRR ha ha ha.
    Tapi saya ada pertanyaan pa :
    1. waktu tanggal 15 nopemner saya telepon ke bapak ko saya masih dibilang belum sembuh?????? whyyyy????? padahal semua orang yang tahu saya bahwa saya sudah tidak terdengar lagi cadel dan gagap? apakah itu maksudnya sembuh baru 90 persen?
    2. tapi bagaimanapun jua beribu terimahakasih untuk bapak, sudah membimbing sayha sampai sembuh walopun standar bapak bilang belum, hehe saya acungkan jempol buat bapak. saya haturkan terimakasih ya pa?
    3. oleh2 saya sudah sampaikah? hehe semoga bermanfaat y
    salam dari papua

  53. nugroho says:

    Pak Dicky, apakah bisa dikirimkan teknik pattern untuk latihan menghilangkan cadel R-nya ke alamat email saya?

    Terima kasih

  54. tbn says:

    Nuhun kang. Klo cadel huruf ‘L’ bs disembuhkan & terapi jg kah. Saya klo blng huruf L aja lanjar n bisa. Tp klo huruf L didalam kalimat malah ga bisa. Jadi sangau gitu kedengarannya. Alias ga jelas lafal huruh l nya.
    Terima kasih kang

  55. ryzky says:

    tolong don mas, bantu saya, saya malu tidak bisa bila R,
    saya juga pesimis tidak bisa jad tentara gara2 cadel, mohon bantuannya ya mas, πŸ™‚ ini email saya mas, ryzky12@yahoo.com
    saya tunggu mas πŸ™‚ sebelumnya terima kasih yaa πŸ™‚

    • Dicky Zen says:

      silahkan hubungi saya di 081320631931

      cuma maaf ya sekalian pengumuman kepada yang lainnya. terapi cadel ini adalah terapi BERBAYAR, artikel diatas adalah artikel ketika program ini masih uji coba dan GRATIS dan itu tahun 2008 sd 2010 dan itu waktu yang sangat panjang untuk kategori gratis, pertanyaannya kemana aja anda selama ini?? hehehe

      saya harap anda bisa membayangkan juga bagaimana tertekannya anda berpuluh tahun dengan cadel dibanding 3 bulan latihan intensif dari program saya..

      silahkan dicermati dan tanyakan di hati, semoga kita berjodoh saya bisa tetap membantu “penyakit’ unik ini πŸ˜€
      salam
      DickyZen

  56. juati says:

    Dear Mas Dicky Zen,

    Berapa harga terapi cadel ini, saya tidak bisa mengucapkan huruf R mohon bantuannya bagiamana bisa menyembuhkannya

    thanks
    Juati

  57. Iman says:

    biyayanya berapa mas?
    saya sangat tersiksa sekali dengan cadel huruf R.
    tolong infonya.
    dan saya ingin menanyakan mengenai biyaya Workshop Hypnotherapy di tampat mas, terimakasih sebelumnya.

  58. acep says:

    assalamu alaikum
    mas alamat rumah mas di mana yah saya pengen terapi juga

  59. Bambang says:

    Bisa minta tolong kirim pattern nya ke email saya. Terima kasih banyak sebelumnya.

  60. ukay says:

    Mas dicky tolong dong kirimin pattern nya ke email saya ukaysegra@gmail.com saya pengen sekali ingin bicara huruf R tolong ya mas

  61. Mas knp y saya kan pertamanya bisa mengucapkan huruf r tetapi tiba2 tidak bisa di tunggu balasan nya

  62. jacob gerhaldo says:

    Saya susah mengucapkan huruf r, gmna ya
    Saya ngomong huruf r terbiasa dr tenggorokan jd’a…

    Gmna ya solusi’a?
    Pa da alamat terapi’a?

  63. erick says:

    Tolong d email hipnoterapi nya dunk

  64. Zshaszcha says:

    terapi ini pasien yg datang / pelatihnya yg datang? daerah Jogja bisa ndak??
    bayarnya berapa? “”>

  65. jossie says:

    Dimana alamat emailx mas Dicky?sy juga minta tolong dikirimkan tekniknya donk soalx Kakak n adek sya butuh.terimakasih

  66. satya says:

    tolong kirim saya kiat pattentnya

  67. cecep says:

    minta trik nyh admin ,,, saya ingin belajarrr rrr πŸ™‚

  68. jovantandy says:

    Pak Dicky, apakah bisa dikirimkan teknik pattern untuk latihan menghilangkan cadel R-nya ke alamat email saya?

    Terima kasih atas bantuannya

  69. rasno says:

    kang dicky minta penjelasan terapyya n brp hari n dmana alamaty?plisss

  70. rasno says:

    tolong dbales ya bang dicky…

  71. hasan says:

    Ass wr wb

    Mas sy udh usia 28 th tp blm bs omong R tlng gimana tips nya biar sy bs bilang R

    Trims

  72. Uwes says:

    Minta juga donk tehnik nya

  73. lina says:

    Salaam
    Pak saya juga tekniknya, nih emailnya marlinachan16@gmail.com

  74. Zakiah R says:

    Anak sy 3 thn. Bicaranya blm jelas. Mohon bantuannya.

  75. alamsyah says:

    Pak saaya mohon dibantu untuk menghilangkan cadel r, saya sudah berusaha tapi belum bisa2.. mohon bantuan bapak,, terimakasih

    tolong kirim di alamsyah_2012@yahoo.com

  76. Julio says:

    Gan ane kasih tau metodenya dong hehe ane capek diejekin terus, kirim ke abrahammadjan@gmail.com atau 085740845260, tolong ya gan, makasih

  77. Rya Rahma says:

    salam..
    kang Dicky@ mohon kirim patterrnya..
    saya cadel R,dari hasil survey dan analisis akang ,cadel saya tergolong cadel no 2.R yg keluar melalui tenggorokan.
    ingin sekali berobat ke tempat kang Dicky,tapi rumah saya jauh banget dari bandung ( rumahku jawa timur).
    apakah ada teknik yg bisa di kongsi untuk menghilangkan cadel saya ?
    mohon bantuannya yaa kang !

  78. Novyk kurniawan says:

    …gimana cara nyembuhin cadel nih buat ngomong “R” susah

  79. Nizma Rahmita says:

    Aku entah kenapa gabisa ngomong R, temen2 juga pada greget sendiri kalau ngajarin aku huruf itu -_-. Gimana caranya biar bisa? Mohon Sarannya..

  80. nui says:

    Mohon bimbinganya kk sy usia 27 msih cadel tlg krim patternx k email sy nrdna27@yahoo.co.id mksih pk dicky smg diberkahi Allah aktivitasnya yg brmanfaat ini.amin

  81. gunawan says:

    Anak sy umur 4 thn mengucapkan R dengan L. Minta dii email tekniknya yah pak. Trims.

  82. Robbie says:

    mas di mana alamat mas n minta kontak yg bisa di hubungi. terima kasih.

  83. Sholeh Winslet says:

    Ka, saya mau minta tolong gimana caranya cadel saya hilang? Soalnya saya termasuk cadel tenggorokan. Saya sulit untuk mengatakan ‘R’. Tolong kasih info yang detail ya ka?

  84. AjilKirom says:

    ALAMATNYAH DIMANA MAS ?
    SAYA INGIN BISA BILANG R
    SAYA SUKA DI KETAWAKAN OLEH TEMAN TEMAN SAYA KLAU BILANG HURUF R

  85. teaya says:

    Tolong, email ke saya dong bgmn cara melatihnya.
    Karena anak saya cadel

  86. asty says:

    Asllmlkm, Kang dicky…sy ingn mnghlnghkan cadel hurf R. Tolong bntu sya kang dicky. no asty. mohon bntuannya. ini email sya astysay@ gmail.com

  87. Farel Kadafi says:

    Assalamualikum.
    Mas saya mau dikirimin dong teknik paternnya ke alamat email saya.
    Saya juga mau. Nanya ada terapi atau pengobatan untuk menyembuhkan cadel ngga ya?

    Kalo ada tolong kirimin sama alamatnya sekalian yah ke email saya.

    Terima kasih
    Wassamualaikum waroh matullohi wabarokatu

  88. dwee says:

    Selamat malam
    Kang saya minta dikirim teknik biar lancar bicara R ya… agar sya lebih PD. Makasih bnyak ya kang.
    Saya tunggu email nya

  89. dharma says:

    bismillah, mas bisa minta teknik nya speerti apa ya agar bisa bca huruf R , ini utk anak saya yg usia 8 tahun tapi huruf R nya kurang jelas,..seperti cadel..

    tks

  90. ifa says:

    Aku juga bantu dong mas

  91. Ψ§Ω… Ω…Ω„ΩƒΩ‡ says:

    saya juga cadel:-( tolong kirimin juga ya pak.. saya hampir putus asa..mohon bnget nggeh

  92. sam says:

    Tolong kirimkan tehniknya dong kang.. Sendmail ke a7am1.46@gmail.com. mohon bantuannya kang.. Terimakasih banyak sebelumnya.. Wassalam

  93. ahmad marzuki says:

    mas tolong bantu sya tidak bisa menyebutkan huruf R

  94. yanto says:

    Mas Dicky, saya minta tolong diberikan teknik pattern terapi candelnya. Terimaksih sebelumnya…

  95. meidi says:

    Salam pak..
    saya ingin mengikuti terapi huruf.. mohon info waktu dan biaya nya pak.. tq

  96. Jemimah Aritonang says:

    Malem kak. Ini terapinya di mana kak? Saya di Jakarta soalnya. Kalo bisa nanti tanya mama hehe πŸ˜€ Mohon di reply ya kak :)) makasih

  97. soonoo says:

    bayarnya brp boss. aq minat

  98. Haikal saputra says:

    Mohon bisa di bantu..lafal R saya kurang renyah..saya di kalimantan timur..mohon bisa dikirim paterrn untuk melatih saya agar lafal R bisa bagus..trimakasih

  99. ivan piss says:

    Aslm. Mas, insyaAllah saya mau ketemu untuk konsultasi.Bisa mohon diemailkan cara apa saja yang harus saya lakukan sebelum bertatap muka? Dan biaya konsultasi.Terimakasih. Mohon bantuannya

  100. ivan piss says:

    mas dicky zen ini alamat email saya ivhankha@gmail.com

  101. Agus Setiawan says:

    Saya ingin niat belajar dengan benar.
    Robbisrohli sodri, wa yassirli amri,wah lul uqdatan min lisani, yafqohu qouli”( Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku )”

  102. ika ariestiawaty says:

    assalamualaikum pak dicky, apakah msh bisa untuk terapi cadel? brp biayanya pak? mohon info nya ya pak, terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *