Mudahnya Meningkatkan Daya Ingat

Mudahnya Meningkatkan Daya Ingat

Daya Ingat

Bismillaah….

Postingan kali ini Saya akan sharing kan “Mudahnya Meningkatkan Daya Ingat” yang  di ambil dari kultwit saya di twitter di @Dicky_Zen follow yaa 😀 Saya doakan yang follow Mudah mengingat, cerdas hati dan pikirannya amiiiin.

1. #DayaIngat yang baik pasti merupakan salah satu unsur penting dari kehidupan yg berhasil, banyak manfaat jika #DayaIngat kuat.

2. Jika #DayaIngat kuat : Efisiensi yang meningkat, promosi, kualifikasi, popularitas, bahkan PEDE yang tinggi.

3. #DayaIngat yg baik adalah kemampuan untuk memunculkan kembali sekehendak hati setiap kesan yang tersimpan.

4. bagaimana tips dan latihan menguatkan #Dayaingat anda, sehingga ga ada yang nyebut anda “LEMOT”

5. a. Berhenti mengatakan & Meyakini bahwa #DayaIngat anda buruk, ingat kaidah pikiran jika  semakin diulang ya self image itu yg terbentuk. (merubah Self image akan saya bahas di postingan lain yooo 😀 )

6. b. Mulai dari sekarang “PERCAYALAH KEPADA DAYA INGAT ANDA” –> latihan menjadi ‘unconscious competence ; bisa karena biasa agar percaya dengan kemampuan diri sendiri #DayaIngat.

7. c. Kuasai bahan anda ; pastikan anda MENGERTI sepenuhnya pokok persoalan yang ingin anda ingat, saya saranin biasain bikin diagram yang dibagi dua kanan dan kiri agar otak kanan dan kiri seimbang #DayaIngat.

8. d. Miliki niat dan tekad untuk “mengingat” tanpa harus memaksakan diri dan IJINKAN seluruh bagian tubuh anda agar bisa membantu menguatkan #DayaIngat

9. d. Metode mengingat yang teruji di dunia adalah “PENGULANGAN” penelitian oleh ahli linguistic dan psikolog dunia mengatakan bahwa Repetisi/pengulangan adalah metode terbaik dalam mengingat agar tersimpan di layer pikiran dan bawah sadar, prinsip pengulangan dengan sederhana diagramnya begini -> dengan suara keras – sedikit – sering #DayaIngat.

10. e. Hindari KETIDAKSUKAAN terhadap sesuatu, karena pikiran gampang banget ngelupain hal yang paling tidak disukai #DayaIngat (Baca juga tips agar anda penasaran/curiosity)

11. f. Belajar keseluruhan ketimbang sebagian-sebagian, jika anda menghapal teks atau qur’an bagi beberapa bagian & perlakukan sebagai satu unit kesatuan agar anda menyerap informasinya utuh #DayaIngat.

12. g. Gunakan pola MNEMONIK – pola MNEMONIK adalah pola Penandaan kalimat dengan symbol huruf dan menyingkatnya dengan singkatan yang mudah dipahami oleh anda sendiri (ini nanti dibahas khusus) #DayaIngat.

13. h. Asosiasi ; cara mudah melakukan Asosiasi/menyatu adalah menghubungkan bahan baru yang mau anda ingat dengan sesuatu yang sudah anda kenal, tambah positif feeling yang ga mungkin anda lupa #DayaIngat

Naaaah pola diatas adalah cara bagaimana memori kita secara step by step dengan mudah meningkatkan daya ingat, khusus dari pengalaman saya, saya coba untuk mengingat dan menghapal Qur’an. Ketika saya melatih orang lain atau diri sendiri dalam menghapal Qur’an, Ternyata lumayan dalam 1 bulan sudah bisa hafal 3 surat panjang, Ar-Rahman, Al-mulk dan Al-fath.

Kunci pola diatas dari pengalaman saya ada 7 yaitu Praktek, praktek, praktek, praktek, praktek, praktek, praktek hehehe

Selamat mencoba

Senang berbagi, Nikmat memberi

Love 😀

Dicky Zen

Filosofi Parkir hati, pikiran & Perasaan